DISRUPSI STARTUP DI MATA ORANG TUA

 

Sisi gelap disrupsi startup. Bisnis yang menggelembung dengan kecepatan yang terlalu pesat.

SEORANG teman baik, Poernomo G. Ridho, memberikan buku ini dengan alasan yang menggiurkan: “Ini buku tentang start-up yang ditulis wartawan old school,” katanya. Judul buku ini juga menarik, “Disrupted: My Misadventure in the Start-Up Bubble.” Ada disrupsi, ada salah jalan, ada gelembung, ada start-up dan old school… Buku yang menarik biasanya punya banyak kontradiksi.

Lanjutkan membaca “DISRUPSI STARTUP DI MATA ORANG TUA”

BAGIKAN
0

BEKAL MENGHADAPI ERA DISRUPSI


Pepatah yang baik di era disrupsi: We can blind to the obvious, and we are also blind to our blindness.

NOKIA selalu jadi contoh terbaik di kelas kuliah bisnis bagaimana pemimpin perusahaan besar luput terhadap disrupsi yang melanda industri mereka. Setelah 14 tahun menguasai pangsa pasar telepon seluler, Nokia mengumumkan bahwa mereka resmi dibeli Microsoft pada September 2013. Nokia contoh bagaimana mereka tak melihat gajah lewat tepat di depan mata.

Lanjutkan membaca “BEKAL MENGHADAPI ERA DISRUPSI”

BAGIKAN
0

LOGIKA PEMBELI DAN HARBOLNAS

 

Dalam rangka ikut merayakan harbolnas, hari belanja online nasional, tiap 12 Desember. Tahun ini nilai transaksinya tembus Rp 4 triliun.

SEBUAH transaksi, kata sebuah teori, terjadi ditentukan oleh 80 persen emosi dan 20 persen logika. Pada konsumen tertentu, peran logika malah tidak ada sama sekali. Mereka membeli karena tertarik pada sebuah benda, tak peduli benda itu kelak berguna atau tidak. Mereka memborong karena keinginan, bukan kebutuhan. Pada mereka, lahirlah keserakahan.

Lanjutkan membaca “LOGIKA PEMBELI DAN HARBOLNAS”

BAGIKAN
0

DISRUPSI DIGITAL DI MEDIA

 

Disrupsi digital di media massa sudah terjadi lama. Uji coba tengah terjadi sebelum kematian media cetak.

TAJUK Rencana Kompas edisi 11 Desember 2017 membahas soal “Kepercayaan pada Media Cetak”. Penulisnya mengutip survei Nielsen Company yang menyebutkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap media cetak masih tinggi. Penulis Tajuk yang mewakili Kompas itu bergembira dengan hasil survei ini karena menjadi kabar baik bahwa media cetak kemungkinan bisa bertahan.

Lanjutkan membaca “DISRUPSI DIGITAL DI MEDIA”

BAGIKAN
0

EDWARD SNOWDEN: SEBUAH OKSIMORON

 

Edward Snowden menjadi oksimoron di negara yang terbuka tapi ingin mengendalikan tiap orang, lalu mendapat perlindungan negara yang mengendalikan tiap orang.

SAYA baru menonton “Snowden”, film tentang Edward Snowden, mantan ahli teknologi CIA di Maryland, Amerika Serikat, yang lari dari negaranya karena diburu akibat membocorkan upaya CIA menyadap percakapan seluruh manusia di dunia. Saya baca bukunya terlebih dahulu, yang ditulis wartawan The Guardian, Luke Harding, sebagai perluasan liputan Gleen Greenwald dan Alan Rusbridger pada 2013 

Lanjutkan membaca “EDWARD SNOWDEN: SEBUAH OKSIMORON”

BAGIKAN
0