SELAMAT ULANG TAHUN, TEMPO

 

Tempo berusia 47. Tentang bagaimana saya belajar banyak darinya.

INI artikel lumayan panjang dan membosankan, karena temanya soal diri sendiri, narsisisme yang agak berlebihan. Tulisan ini tentang “saya dan Tempo”, yang hari ini ulang tahun ke-47, lumayan tua, menjelang setengah abad.

Lanjutkan membaca “SELAMAT ULANG TAHUN, TEMPO”

BAGIKAN
0

BERHALA ALEXA

 

 Alexa mengukur sebuah media dari popularitasnya. Umpan klik (clickbaiting) menjad gaya. Jurnalisme mesti kembali kepada tugasnya sebagai penjernih duduk soal.

KRISIS jurnalisme tak hanya akibat Internet yang merenggut medium menyajikan berita, juga menyebabkan para wartawan dan pengelola media salah jalan memanfaatkannya. Para pengelola media tepekur pada peringkat web yang dibuat Alexa, tata cara Google mengurutkan konten berdasarkan kata kunci, atau menghamba pada viralitas melalui gaya “umpan klik”.

Lanjutkan membaca “BERHALA ALEXA”

BAGIKAN
0

SUMBER ANONIM DALAM BERITA

Washington Post membuka identitas sumber anonim karena terbongkar menyebar kabar bohong. Menguji prosedur jurnalistik.

SUMBER tak bernama itu mengaku punya hubungan rahasia hingga hamil dengan kandidat senator Partai Republik dari Alabama, Roy Moore. Politikus 70 tahun ini sedang ramai diberitakan dan dihujat banyak orang di Amerika Serikat karena terungkap pelbagai skandal seksnya.

Lanjutkan membaca “SUMBER ANONIM DALAM BERITA”

BAGIKAN
0

DILEMA JURNALISME WARGA

Dilema jurnalisme warga justru terletak pada kebebasan para “wartawannya” mencari dan menyajikan berita.

 JURNALISME warga bermasalah sejak dari nama. “Warga” adalah kata yang melekat pada tempat, ia tak bisa berdiri sendiri: warga Solo, warga Jakarta, warga Bojongkenyot. Dan “jurnalisme” dipersempit hanya sekadar mengumpulkan dan menyiarkan kabar dari sebuah kejadian.

Lanjutkan membaca “DILEMA JURNALISME WARGA”

BAGIKAN
0

JIKA FACEBOOK MEMBUAT BERITA

 

Mengapa perusahaan media masih mencetak berita hari ini untuk diedarkan besok? Apa yang terjadi jika Facebook membuat berita?

YA, apa yang terjadi jika media sosial dengan 2 miliar pengikut ini memproduksi berita investigasi yang dipadukan dengan video, foto, cerita di balik sebuah peristiwa, dan tayangan langsungnya? Apa yang terjadi dengan kantor-kantor berita jika Facebook menayangkan berita yang layak dipercaya?

Lanjutkan membaca “JIKA FACEBOOK MEMBUAT BERITA”

BAGIKAN
0