KARTUN TEMPO ITU

Kartun di media menjadi semacam jeda di tengah berita-berita ruwet dan pelik. Senjata efektif melawan kekuasaan yang otoriter.

MEDIA massa memerlukan kartun untuk melemaskan ketegangan-ketegangan dalam berita di halaman utama. Karena itu lembar kartun biasanya menyapa pembaca sebelum mereka memasuki pagina-pagina berita yang mungkin saja tegang karena berisi pengungkapan skandal korupsi yang pelik, analisis ekonomi yang ruwet, atau reportase atas realita yang memualkan.

Continue reading “KARTUN TEMPO ITU”

BAGIKAN
0

PARADIGMA ORANG NOMOR DUA

 

Mungkin sudah ada perubahan tentang paradigma orang nomor dua. Dalam politik, nomor dua juga dianggap penting.

SETIAP pemimpin adalah orang nomor satu.  Tapi dalam politik, orang bisa hanya cukup puas menjadi nomor dua, dan berkampanye untuk itu. Muhaimin Iskandar, misalnya, mempromosikan dirinya sendiri siap menjadi wakil presiden. Siapa presidennya? Tak jelas.

Continue reading “PARADIGMA ORANG NOMOR DUA”

BAGIKAN
0

HOAX TERBESAR SETELAH 9/11

 

9/11 tak lagi diingat sekadar sebuah hari ketika Amerika berduka karena serangan mematikan dari udara. 9/11 juga akan kita ingat sebagai hari dimulainya Amerika menciptakan hoax dan fake news terbesar dan paling tak lucu sepanjang sejarah manusia.

Sembilan jam setelah serangan ke menara kembara World Trade Center yang menewaskan 2.996 orang pada 11 September 2001 itu, seperti kita lihat dalam film dokumenter Fahrenheit 9/11, Presiden Bush berpidato bahwa dunia akan berbeda setelah serangan ini. Dan ia mewujudkan janjinya itu dengan beringas.

Continue reading “HOAX TERBESAR SETELAH 9/11”

BAGIKAN
0