BAHAGIA ITU DENGAN MEMBERI

 

Cerita seorang veteran yang berbahagia dengan memberi banyak kepada orang lain, di saat miskin.

JIKA tak percaya ada orang yang mengabdikan hidupnya untuk memberi, kita harus membaca riwayat hidup Hung Chung Hai. Sejak usia 16 ia maju ke medan perang ketika Cina dan Taiwan dilanda perang saudara. Itu pun karena menggantikan kakaknya yang tak bisa menjalani wajib militer. Baru enam bulan menikah, ia harus berpisah dari istrinya, demi kakaknya yang sakit.

Continue reading “BAHAGIA ITU DENGAN MEMBERI”

BAGIKAN
0

MENJADI PEMIMPIN ZAMAN NOW

 

Dari kuliah Armand Wahyudi Hartono, putra mahkota Grup Djarum yang kini memimpin bank swasta terbesar di Indonesia.

USIANYA baru 41 ketika ia menjadi Wakil Direktur Utama Bank BCA tahun lalu. Dan ketika ditanya apa resepnya memimpin bank dengan aset Rp 676 triliun itu dalam sebuah kuliah umum di Binus Business School pada Selasa kemarin, Armand Wahyudi Hartono menjelaskan tentang namanya. “Resepnya dari nama saya: Armand itu artinya ‘asal rajin menabung nanti dapat duit’,” kata anak bungsu Robert Budi Hartono, pemilik Djarum yang bertahun-tahun jadi orang terkaya di Indonesia.

Continue reading “MENJADI PEMIMPIN ZAMAN NOW”

BAGIKAN
0

MENUA DENGAN GEMBIRA

Menua dengan gembira bisa dilakukan dengan pelbagai cara: punya hobi, punya teman, punya kegiatan. Kado untuk yang berulang tahun.

DI rapat editorial Tempo pada Rabu kemarin, sambil menunggu peserta lain, saya iseng bertanya kepada Rahman Tolleng, seorang aktivis dan pemikir politik yang baru saja merayakan ulang tahun ke-79. “Apa rasanya menjadi tua?” Ia menjawab dengan segera: “Kesepian!”

Continue reading “MENUA DENGAN GEMBIRA”

BAGIKAN
0

MANG CASWAT ATAWA CERITA TENTANG LGBT

 

Cerita seorang LGBT di kampung saya.

SETIAP kali kita riuh bercakap tentang LGBT, saya teringat Mang Caswat. Sepanjang bisa mengingat, ia adalah perempuan dalam tubuh laki-laki. Usianya mungkin sekarang 60. Ia punya penis dan tak punya payudara. Menurut orang-orang tua yang menyaksikannya, penisnya itu disunat ketika kecil. Dan ritual lelaki itu berhenti sampai sana. Hidup Mang Caswat berikutnya sebagai perempuan.

Continue reading “MANG CASWAT ATAWA CERITA TENTANG LGBT”

BAGIKAN
0

KISAH DAUS: DARI PENCUCI PIRING MENJADI JURAGAN RESTO DI LONDON


Dari supir tembak dan pencuci piring, Ahmad Firdaus menjadi juragan restoran di London. Keuletan dan cara berpikir sederhana.

RUPANYA Pak Daus makin terkenal. Setelah saya tulis profilnya pada 2012, ia menjadi bintang tamu acara Hitam Putih Trans7 dengan pemandu mentalis Deddy Corbuizer dan dua kali nampang di koran Kompas dan diliput TVOne. Pak Daus layak untuk itu karena ia inspirasi tentang semangat pantang menyerah dan kerja keras.

Nama lengkapnya Firdaus Ahmad. Ia lahir 57 tahun lalu dari keluarga Betawi di Sentiong, Jakarta Pusat. Ayahnya adalah sekretaris Wahid Hasyim jika Menteri Agama pertama ini (1949-1952) menjadi Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang kantornya di Kramat itu. Tapi Pak Daus buru-buru menjelaskan bahwa jabatan sekretaris zaman itu tak usah dibayangkan sebagai orang hebat. “Tugasnya menyediakan koran dan membuat kopi,” katanya.

Continue reading “KISAH DAUS: DARI PENCUCI PIRING MENJADI JURAGAN RESTO DI LONDON”

BAGIKAN
0